Cara membuat MOL - Sikaladi pariangan

Cara membuat MOL sikaladi pariangan - Mol merupakan produk lokal yang bisa kita buat sendiri yang sangat berguna sebagai pengganti pupuk pabrikan. Kali ini Blog sikaladi pariangan akan menguraikan tentang cara membuat MOL, bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat MOL, kegunaan Mol serta cara menggunakan MOL tersebut.


Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Tape - Pupuk cair dari tape (tapai) ini adalah jenis MOL (Mikro Organisme Lokal) yang paling mudah dan tidak menjijikan dibanding dari bahan lain seperti nasi busuk atau sampah dapur lainnya.

MOL adalah kumpulan mikro organisme yang bisa “diternakkan”. Fungsi dari MOL ini yaitu sebagai starter untuk membuat kompos organik dan bisa juga digunakan sebagai pupuk cair untuk berbagai tanaman (selanjutnya pupuk cair ini akan saya sebut MOL).

Cara membuat MOL tape/ tapai:

  • Siapkan botol plastik air minum kemasan ukuran besar (1.500 mililiter). Cukup satu botol kosong saja, tidak usah dengan tutupnya.
  • Siapkan 1 ons tape, lalu masukkan dalam botol tadi. Tape yang digunakan bisa dari tape singkong atau tape ketan, pilih yang paling mudah didapat..
  • Isikan air dalam botol yang telah berisi tape tadi. Tidak usah penuh, cukup hampir penuh.
  • Masukkan gula ke dalam botol yang telah diisi tape dan air tadi. Bisa gula pasir atau gula merah, 5 sendok makan.
  • Kocok-kocok sebentar agar gula melarut.
  • Biarkan botol terbuka tidak ditutup selama 4 atau 5 hari. Selanjutnya, selamanya botol tidak ditutup, biar MOL-nya bisa bernafas.
  • Setelah 5 hari, dan kalau dicium akan berbau wangi alkohol, maka MOL telah bisa dipakai.
    Kalau ingin ”beternak” MOL, maka ambillah botol kosong yang sejenis, lalu bagilah MOL dari botol yang satu ke botol kedua 50:50. Lalu isikanlah air ke dalam botol-botol tadi sampai hampir penuh, dan kemudian masukanlah gula ke masing-masing botol dengan takaran seperti di atas. Maka kita punya 2 botol MOL. Bila ingin memperbanyak lagi ke dalam botol-botol yang lain, lakukanlah dengan cara yang sama.

Cara menggunakan Mol:

  • MOL diencerkan terlebih dahulu, 1 bagian MOL dicampur 15 bagian air.
  • Siramkan pada tanah di sekitar tanaman, upayakan jangan mengenai batang tanaman.
  • Sebaiknya MOL tidak digunakan untuk tanaman Anggrek karena MOL akan memakan pakisnya dan menimbulkan panas yang bisa mematikan anggrek.
 Baiknya digunakan untuk tanaman yang tumbuh di tanah saja, dan tanahnya yang disiram MOL encer.

sumber: skocikita.blogspot. com 


Sedangkan cara membuat MOL dari bahan sayuran adalah sebagai berikut:

Seringkali sisa-sisa sayuran yang ada di rumah kita, tidak dimanfaatkan. Sebenarnya kita bisa manfaatkan limbah sayuran ini untuk membuat MOL yang digunakan dalam pembuatan pupuk organik. Berikut ini pengalaman dari Kelompok Tani “Budi Rahayu” Desa Catur, Sambi, Boyolali dalam membuat MOL dari Limbah sayuran. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para petani di Indonesia.
Bahan yang perlukan diantaranya : 100 Kg Limbah sayuran (Kol, bayam, Kangkung, Sawi, dll), Garam dapur (5% dari berat bahan), Gula Merah atau tetes tebu (2% dari total berat bahan dan air cucian beras 10Kg. Alat yang digunakan diantaranya : alat pencacah bahan, alat pengaduk, drum plastik kapasitas 200 liter dan jerigen atau botol.

Prosedur pembuatan mol : Limbah sayuran dipotong kecil-kecil sampai halus, remas dengan garam bahan yang sudah dicacah sampai rata, masukkan ke dalam drum plastik, tuangkan air cucian beras, aduk sampai merata kemudian tutup sampai rapat, setelah 3-4 minggu MOL sudah jadi. Tambah gula merah cair atau tetes 3 liter, saring dan kemas pada botol atau jerigen, masa efektif maksimal 3 bulan dari penyaringan.

Ciri Mol yang sudah jadi : ketika drum dibuka tidak ada gas, bau MOL seperti tape atau tetes, permukaan MOL ada benang putih merambat seperti permukaan tempe. 

Aplikasi penggunaan MOL ini :
1. Untuk pengomposan : 1 liter MOL dicampur 5 liter air tawar di tambah larutan gula merah atau tetes 250cc, kemudian dikocorkan pada bahan organik sampai merata (Bila digenggam tidak pecah)
2. Penggunaan untuk tanaman padi : Penyemprotan dilakukan pada pagi/sore dengan konsentrasi 400cc cairan MOL dicampur dengan 14 liter air tawar disemprotkan pada umur tanaman, 10 HST, 20 HST, 30 HST, dan 40 HST

sumber: padiberas .com 

semoga informasi cara membuat MOL tersebut di atas bermanfaat | sikaladipariangan.blogspot.com

1 komentar:

zedhy het gesê...

makasih artikelnya, jd tau n nambah pengetahuan, good job...!

Plaas 'n opmerking